Selasa, 11 November 2008

Search Engine Populer

Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimanasistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui Search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.
Search engine dirancang untuk mengindeks hasil temuan berupa alamat web (URL, FTP, dan lain-lain) dari sistem database. Untuk menunjang tugas tersebut, Search engine dilengkapi program khusus yaitu: spider, bot (robot), dan crawler. Sang ‘laba-laba elektronik ‘(spider) dan robot akan “merayap”dari satu alamat web ke alamat web lain, dari satu link ke link lainnya. Ketika sang laba-laba tersebut tiba pada sebuah halaman web, dia akan membuat indeks dari sebagian besar kata-kata yang terdapat dalam situs tesebut. Sedangkan pemilik halaman web mengirimkan URL situsnya ke Search engine agar dikunjungi laba-laba dan dicantumkan ke dalam basis data Search engine tersebut.
Ketika mencari data atau informasi di web menggunakan search engine, kita diharuskan untuk mengetikkan sebuah kata kuncui untuk menemukan data yang kita cari. tertentu, dan diambil dari seluruh server

Macam search engine yang paling populer di antara netter adalah :
Hotbot (www.hotbot.com)
Google (www.google.com)
QbSearch (www.qbsearch.com)

[diposting oleh : Nisrina Nur Afina]

1 komentar:

Arif.Ust mengatakan...

Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel saya ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.